Rabu, 12 April 2023

Ikan Gabus Menu Sehat

Ketapang beberapa hari ini cuacanya agak ekstrim, kali ini panasnya luar biasa. Apalagi di sekolah yang memang berada di pantai. Entah kemana arah angin bertiup, biasanya sepoi-sepoi, semilir membuat hati dan pikiran tenang. Namun hari ini bersembunyi entah dimana.

Paling nyaman cuma baring-baring di lantai, menikmati kesejukan lantai keramik ditemani dengan putaran kipas angin. Tapi semua itu hanya khayalan, karena pada kenyataannya harus tetap bekerja di cuaca ini.

Bulan ramadhan ini, bulan spesial untuk ibu, karena setiap hari kerja, ibu diantar dan dijemput oleh Bapak. Pakai sepeda motor vario merah yang penuh kenangan. Belajar romantis lagi seperti jaman awal-awal nikah dan belum mempunyai anak hehe.

Setelah menjemput ibu, ada waktu luang sebentar sebelum ashar, dan Bapak tidak lengah untuk mengambil waktu itu untuk menyalurkan hobinya, mancing. Di suasana panas ini, Bapak menggunakan casting pakai umpan plastik. 

Yang namanya hobi tidak dapat dihalangi meskipun matahari bersinar terang, tapi kali ini hanya mancing di sekitar rumah, tidak jauh-jauh. Sekitar satu jam, Bapak sudah kembali kerumah membawa segerombolan ikan gabus ukuran sedang dan lumayan besar.

Ikan gabus tersebut sebagian digunakan sebagai makanan ikan toman, dan sebagian lagi digunakan untuk lauk kami dirumah. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Ikan gabus ini, biasanya banyak dicari oleh orang yang selesai operasi, katanya ikan gabus ini berperan penting dalam penyembuhan luka bekas operasi. Dengan makan ikan gabus yang cukup direbus, membuat luka bekas operasi lebih cepat kering.

Terkadang sering ada orang kerumah untuk mencari ikan gabus, karena mereka tahu kalau bapak suka mancing ikan dan sering dapat ikan gabus. Sebagian dari mereka mencari ikan gabus untuk anak atau keluarganya pasca operasi caesar.

Ternyata ikan gabus ini banyak manfaatnya, dan ternyata di apotek-apotek sudah dijual kapsul ekstrak dari ikan gabus ini, namun harganya lebih mahal. Karena disini masih banyak ditemukan ikan gabus, lebih baik menggunakan ikan gabus secara langsung, lebih ekonomis, harga lebih murah.

Kalau dirumah, ikan gabus diolah menjadi berbagai jenis masakan, bahkan kalau hasil mancing banyak, ikan tersebut kami jadikan ikan kering. Dan kalau mudik ke Jombang Jatim, bisa dijadikan oleh-oleh khas Ketapang. Lumayankan menghemat untuk belanja oleh-oleh, dan tetangga memang lebih suka dibawakan ikan kering atau asin. Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar