Kamis, 20 April 2023

Akhir Ramadhan 1444 H

Taraweh terakhir di bulan ramadhan 1444 H, Mas dan Angah sholat di masjid, Sedang Bapak, ibu dan Ucu tetap sholat taraweh di rumah menemani Mbah. Tidak terasa sebulan sudah ramadhan menemani, banyak kisah yang terukir dengan indah, banyak doa-doa yang dipanjatkan, banyak cerita yang tidak mungkin bisa terulang. 

Ramadhan segera pergi, tapi hati ini merasa masih ingin berlama-lama di bulan ini, bulan penuh ampunan yang hanya bisa dinikmati setahun sekali. Semoga kita dapat bertemu kembali di tahun depan, dengan ketakwaan dan keimanan yang lebih kuat kepada Allah SWT.

Ramadhan segera berlalu, di akhir ramadhan ini meskipun ada rasa sedih, namun ada rasa gembira dan bahagia menyambut hari kemenangan. 

Pagi ini hampir semua rumah, disibukkan dengan masak ketupat dan rendang. Disini budayanya lebaran makan ketupat colet dengan lauk rendang. Rendang bisa dibuat dari daging sapi, ayam, kerbau, dan bebek. Tergantung selera masing-masing, mau menggunakan rendang apa untuk mendampingi makan ketupat.

Ibu pagi ini sibuk menyiapkan menu untuk takbir keliling, disini takbir keliling bukan cuma berjalan keliling kampung. Takbir keliling disini, dilakukan dengan cara singgah dari rumah satu kerumah lainnya untuk bertakbir dan berdoa disetiap rumah yang disinggahi. 

Inilah yang menjadikan suasana akhir ramadhan menjadi lebih haru, semua laki-laki ikut takbir keliling, sekaligus bersilaturrahmi dan berdoa bersama di setiap rumah warga. Itulah mengapa kami sangat menghormati dan mendukung kegiatan seperti ini. Semoga kegiatan ini tetap lestari selamanya, anak cucu kita tidak meninggalkan budaya yang sarat dengan kebaikan.

Rencananya ibu akan mempersiapkan buah dan es, tidak ketinggalan nugget untuk anak-anak yang ikut takbir keliling. Menu ini sangat digemari karena lain dari yang lain, meskipun di rumah lain selalu menyiapkan rendang, namun nugget ini sangat laris manis. Mbah juga tidak mau kalah, sudah panen kacang tanah untuk direbus, semoga menu kali ini laris manis.

Ya Allah terimalah semua amal ibadah kami di bulan ramadhan ini, ampunilah semua dosa-disa kami, dan luluskanlah kami di sekolah ramadahn ini dengan nilai yang terbaik aamiin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar