Jumat, 31 Maret 2023

Akhirnya Jadi Juga

Awal puasa ramadhan lalu, ibu beserta anak-anak berniat membuat bakso dari ikan Tilan. Sudah berusaha sekuat tenaga, mencari resep dimana-mana, mencari cara yang mudah untuk membuat bakso ikan, mulai dari searching di google sampai melihat video cara pembuatannya di youtube. Meskipun ikan yang digunakan berbeda dengan ikan yang akan dibuat bakso oleh ibu. Namun resep-resepnya bisa diadaptasi dengan mudah dan simpel.

Menyiapkan berbagai bahan dan bumbu, alhamdulillah semuanya tersedia di dapur. Ternyata membuat bakso ikan tidak banyak menggunakan bumbu-bumbu. Bahan yang digunakan untuk membuat bakso ikan adalah daging ikan Tilan, yang sudah dikerjakan setengah jadi pada awal puasa ramadhan yang lalu, daging yang sudah dipisahkan dari kulit dan tulangnya masih beku dalam freezer.


Kisah memisahkan daging ikan Tilan yang membuat capek lahir dan batin hehe. Karena prosesnya lama, dapatnya sedikit, harap maklum masih belum profesional. Dan memang belum pernah mengerjakannya sebelumnya, jadi semua anggota keluarga di rumah ini harus turut turun tangan haha, kecuali Mbah. Dagingnya keras agak kenyal dan kulitnya tebal, susah sekali melepaskan daging dari kulitnya, harus ada tenaga ekstra untuk menariknya. 

Nampaknya memang belum pernah ada yang menggunakan ikan Tilan untuk bakso. Karena banyaknya ikan Tilan dirumah, jadi ibu berinisiatif untuk mengolahnya menjadi bakso, dari pada mubazir, maksud hatinya ingin membuat inovasi dengan ikan Tilan.

Dan hari ini ibu siap untuk melanjutkan proses yang tertunda, daging ikan dikeluarkan dari freezer, ibu menyiapkan choper. Ternyata choper ini kapasitasnya hanya untuk 300 gram daging ikan. Mencoba memasukkan daging ikan sesuai kapasitas choper, dan tekan chopernya, waw daging ikan tergilas hampir sempurna. 

Langkah selanjutnya, masukkan es batu 200 gram kemudian gilas kembali sampai dagingnya lembut. Kemudian masukkan bumbu-bumbu yang terdiri dari merica bubuk, garam, penyedap secukupnya, bawang putih, dan putih telur dari sebutir telur. Semua bahan itu hanya hasil perkiraan saja, ibu menggunakan ilmu kira-kira hehe. Gilas kembali, kemudian masukkan tepung tapioka sebanyak 4 sendok dan aduk secara merata menggunakan sendok.

Daging ikan Tilan tercampur sempurna dengan semua bahan-bahan lainnya. Selanjutnya masukkan adonan tersebut ke dalam plastik, ikat dan gunting sedikit di pojok plastiknya. Siapkan air panas dalam panci, dan bakso ikan Tilan siap untuk dicetak.

Kali ini Bapak yang mencetaknya sampai selesai. Hasilnya lumayan banyak, kemudian rebus sebentar, sampai bakso ikan menggambang dan siap untuk di konsumsi.

Wangi bakso ikan tersebar dimana-mana, siap untuk menu buka puasa pake cocolan sambal yang pedas menggoyang lidah.

Tentu saja anak-anak suka sekali, waktu berbuka semangkok bakso hampir habis. Rencananya sisanya akan dimasak sop besok. 

Sebenarnya membuat bakso itu mudah, namun tinggal kita telaten atau tidak. Ayo semangat memasak untuk keluarga tercinta.


6 komentar: