Kamis, 16 Maret 2023

Berburu Cacing Nipah

Bagi para pemancing udang, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cacing nipah. Harta karun yang tidak ternilai bagi para pemancing udang galah. Cacing nipah adalah umpan yang disukai oleh udang galah. Sehingga cacing ini sangat dicari.

Harga cacing nipah termasuk bergengsi, 1 ekor bisa mencapai Rp. 20.000,00. Sebuah harga yang fantastis untuk seekor cacing.

Kenapa harga cacing nipah tergolong mahal? Cacing ini hanya hidup di sekitar pohon nipah. Cara memperolehnya dengan cara digali, tanah yang basah habitat yang paling disukai cacing nipah. Nama cacing nipah sendiri diambil dari nama pohon nipah sebagai tempat habitat cacing ini. Pohon nipah hidup subur di daerah pantai, yang tanahnya berlumpur.

Kalau bisa dibudidayakan, cacing nipah ini merupakan komoditas yang menguntungkan. Tapi selama ini, di kabupaten Ketapang belum pernah saya menemukan tempat budidayanya. Cacing nipah biasa dijual di toko alat-alat pancing dan di toko yang menjual beberapa makanan hewan ternak.

Beberapa minggu yang lalu, bersama beberapa murid-murid, kami mencoba mencari cacing nipah. Dan hasilnya lumayan, meskipun agak kecil-kecil. Pengalaman pertama bagi kami mencari cacing nipah dengan cara menggali di sekitar pohon nipah menggunakan parang dan cangkul.

Meskipun di bawah terik matahari, di belakang rumah salah satu murid, kami menikmati proses yang melelahkan itu, berpetualang yang mengasyikkan. Sebuah pengalaman yang tidak terlupakan, disertai candaan dan tidak lupa selfi serta membuat video untuk kenang-kenangan.

Ternyata mencari cacing nipah tidak semudah yang dibayangkan, perlu tenaga untuk mencangkul tanah. Itulah mengapa harga cacing nipah menjadi mahal.

Adakah yang berminat membudidayakan atau mencari cacing nipah?

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar