Jumat, 27 Januari 2023

Writing is Easy

Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI
Gelombang 28


Prof.Dr. Ngainun Naim adalah seorang guru besar di STAIN Tulungagung sekaligus seorang penulis yang telah menerbitkan buku sebanyak 47 judul buku. Malam ini beliau sebagai narasumber didampingi oleh ibu Lely Suryani selaku moderator, menyampaikan materi Writing Is Easy atau Menulis Itu Mudah. 

Narasumber mengatakan tidak akan menjelaskan bahwa menulis itu mudah atau sulit, namun hanya ingin mengajak peserta KBMN Gelombang 28 untuk bisa menulis. Caranya cukup satu yaitu dengan menulis.

Terdapat beberapa kunci untuk memudahkam dalam menulis, yaitu sebagai berikut:

1. Menulislah hal-hal sederhana yang kita alami. Pengalaman hidup sehari-hari itu merupakan sumber tulisan yang subur. Kita akan mudah menuliskannya karena kita menceritakan apa yang kita alami secara langsung. Tergantung aspek apa saja yang mau diceritakan, jangan khawatir salah ataupun jelek, tetapi takutlah jika tidak menulis. Jika kunci pertama ini dijalankan dengam baik, maka menulis akan menjadi lebih mudah.

2. Jangan menulis sambil dibaca lalu diedit. Itu akan menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan ide pikiran. Menulis itu cukup dengan menulis. Tuliskan apa saja yang ada dalam pikiran secara bebas. Terus saja menulis sampai selesai, apabila merasa habis yang ditulis, lebih baik berhenti dulu, tinggalkan untuk sesaat, simpan terlebih dahulu dan jangan dibaca dulu, carilah suasana psikologis yang berbeda, endapkan dulu tulisannya, setelah menemukan waktu yang tepat maka baru boleh dibaca. Cermati kalimat demi kalimat, jika ada typo, langsung perbaiki. Sebelum mengunggah tulisan tersebut, selalu baca secara berulang, prinsipnya sederhana yaitu untuk meminimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita, karena tulisan itu adalah jejak kita.

3. Menulis tentang perjalanan. Ini juga jenis tulisan yang mudah untuk ditulis. Kita semua sangat sering melakukan perjalanan. Kita bisa menulis apapun tentang pengalaman saat dalam perjalanan, itu mudah karena kita menjalaninya.

4. Menulis secara ngemil. Artinya dilakukan secara sedikit demi sedikit. Setiap hari dapat menulis beberapa jenis tulisan, tidak usah terlalu banyak cukup 3 sampai 5 paragraf. Untuk artikel jurnal, Prof. Dr. Ngainun menargetkan minimal 1 paragraf untuk diperjuangkan. Untuk menulis di blog minimal 1 atau 2 paragraf sudah cukup. Dan itu dilakukan setiap hari.

Kunci-kunci tersebut sangat mudah untuk dipraktikkan, semua tergantung niat dan kedisplinam dalam mengatur waktu.

Demikian resume ini, semoga bermanfaat. Selamat membaca.

5 komentar: