Senin, 23 Januari 2023

Trik Mendapatkan Penerbit Mayor

Kelas Belajar Menulis PGRI
Gelombang 28

Narasumber kali ini adalah Prof. Richardus Eko Indrajit. Beliau adalah seorang penulis besar yang bisa mengantarkan mimpi kita menuju penerbit mayor. Beliau mengawali materi dengan menyapa seluruh peserta dan memberikan motivasi tentang cerita guru-guru hebat yang menjadi penulis. Pada kesempatan ini beliau akan berbagi pengalaman bagaimana menjadi penulis dari buku mayor, yaitu karya tulis yang diterbitkan oleh penerbit nasional.

Prof. Ekoji panggilan beliau, berhasil menulis 121 buku mayor dan kurang lebih 623 artikel, dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Ternyata sejak sekolah dasar beliau sudah menulis, dan tulisannya baru diterbitkan oleh majalah ketika duduk di bangku SMP. Dengan menulis beliau ingin membagikan ide, pemikiran, gagasan, dan cerita kepada orang lain. Semakin lama menjadikan kecanduan menulis, semakin banyak membaca dan menonton tv, semakin tinggi keinginannya untuk menulis. Sepuluh buku pertamanya isinya adalah bunga rampai. Setiap buku terdiri dari 50 artikel. Setiap artikel berisi ringkasan satu topik hyang sedang menjadi trend pada saat itu. Buku tersebut laris manis terjual, dan hal itu memotivasi beliau untuk menulis.

Hal lain yang membuat motivasi menulis lebih besar adalah karena banyaknya SMS (dulu belum ada WA) yang masuk ke nomor hp beliau untuk mengucapkan terima kasih atas buku yang dibuat. Tentu saja hal tersebut membesarkan hati dan merasa hidupnya berguna untuk orang lain. Begitulah pentingnya menulis nomor handphone di setiap buku yang ditulis. Pada tanggal 16 Maret 2020 semua guru dan siswa harus belajar dari rumah, beliau memutuskan untuk menjadi youtuber dengan nama Ekoji Channel. Setiap hari membuat satu youtube, yang isinya hal-hal berkaitan dengan PJJ (karena sedang menjadi pembicaraan nasional), membuat youtube dengan judul aneh-aneh, seperti gamification, flipped classroom, collaborative learning, metaverse, IOT, big data, dan lain sebagainya.

Kemudian beliau tergerak untuk bereksperimen, ketika Om Jay mengajaknya untuk mengajarkan guru-guru menulis. Setiap guru diminta membuka youtube channelnya, selanjutnya setiap guru diminta untuk menuliskan apapun yang diomongkan di youtube tersebut. Setelah itu beliau memberikan tambahan referensi untuk memperkaya konten. Dari 30 guru yang berniat bergabung, 19 buku berhasil diterbitkan. Dan dari 19 buku tersebut, satu buku terpilih jadi Buku Terbaik Nasional versi Perpusnas untuk kategori PJJ. Hingga saat ini kalau tidak salah sudah lebih dari 60 buku guru-guru hebat yang berhasil diterbitkan oleh Penerbit ANDI. Pada kesempatan baik ini, beliau ingin mengajak guru-guru yang tertarik untuk menjadi penulis buku mayor yang diterbitkan untuk mendaftarkan diri. Namun kali ini agak berbeda modelnya, akan ditentukan sebuah tema, kemudian dengan bimbingan beliau dan bu Aam peserta akan mendalami tema tersebut sehingga menjadi buku. Tema akan dibagikan beliau dan yang penting peserta berniat serius untuk menulis. Target beliau untuk angkatan ini adalah buku-buku sudah masuk ke penerbit untuk dikurasi sebelum Idul Fitri.

Saya berusaha mendaftar, namun karena sinyal tiba-tiba menghilang, akhirnya saya kehilangan kesempatan sebagai 100 peserta yang bisa lolos menulis buku mayor bersama Prof. Ekoji. Semoga masih ada kesempatan di lain waktu.

Semoga resume hari ini bermanfaat dan selamat membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar