Rabu, 25 Januari 2023

Tulis dan Publish Tanpa Ragu

Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI
Gelombang 28

Pertemuan ke-8 ini agak berbeda dengan pertemuan lainnya, untuk pertama kalinya mengikuti pelatihan ini menggunakan zoom, biasanya hanya melalui whatsapp grup. Bpk Dedi, narasumber malam ini membawa peserta untuk bertatap muka meskipun hanya melalui zoom, setidaknya kami bisa melihat wajah, mengenal dan berinteraksi dengan orang-orang hebat.

Materi malam ini tentang konsistensi menulis di blog. Menulis bisa menjadi hal yang sulit jika terlalu dipikirkan, namun apabila melakukannya mengalir apa adanya akan terasa lebih ringan. Blog merupakan salah satu sarana untuk menulis. Menurut Pak Dedi, jumlah guru sekitar 3,31 juta namun hanya sedikit guru hebat. Kita harus mengenal bagaimanakah guru hebat supaya tertular menjadi hebat. 

Ciri orang hebat adalah sebagai berikut:
1. Produktif, mendatangkan (memberi hasil, manfaat) keuntungan. Berusaha produktif meskipun banyak pekerjaan, berusaha menghasilkan sesuatu yang dapat menjadi contoh bagi orang lain.
2. Mempunyai ide, minimalis dalam berpikir, kerjakan apa yang bisa dikerjakan, sesuaikan dengan kemampuan.
3. Mampu berkembang, jangan menjadi guru yang seragam, belajar mencari sesuatu yang dapat diunggulkan dalam diri. Mengikuti perkembangan jaman, selalu up to date dengan berbagai informasi terbaru, berani mencoba hal-hal baru, melek teknologi, dan mampu bersaing di berbagai kondisi.
4. Jangan terlalu serius, nikmati setiap proses dalam hidup, jangan terlalu memikirkan hasilnya, namun cobalah untuk melakakukan.
5. Efisiensi, mampu membuat gebrakan waktu, mengelola waktu dengan baik, jangan sampai tidak mempunyai waktu untuk sendiri atau me time.

Menulislah untuk meninggalkan jejak dalam kehidupan. Jangan memikirkan bagaimana hasilnya, namun teruslah berusaha. Blog merupakan media yang simpel untuk menulis, apapun dapat ditulis di blog. Namun terkadang ada keengganan untuk menulis di blog, orang lebih suka curhat melalui chat ataupun grup. Padahal curhat di blog juga tidak kalah menarik. Perlu adanya motivasi dalam diri untuk terus menulis di blog, supaya hidup kita menjadi lebih bermakna. 
Terdapat beberapa tips konsisten menulis di blog sebagai berikut:
A. Tentukan tujuan
B. Fokus
C. Buat outline
D. Mulai menulis
E. Selesaikan
F. Publish
G. Ikut komunitas menulis
H. Membaca tulisan orang lain untuk mendapatkan ide
I. Menulis lagi
J. Perkenalkan diri kepada warga blog
K. Ceritakan semua hal yang istimewa

Apabila tips – tips tersebut dapat dikerjakan dengan baik, insyaAllah bisa konsiaten dalam menulis di blog. Karena tidak ada keringat yang percuma, selama kita memenuhi kebutuhan makan, beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing dan menyebarkan cinta kasih kepada sesama (eat, pray, love).

Demikian resume ini, semoga bermanfaat. Selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar