Jumat, 20 Januari 2023

Blog untuk Pendidikan

Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI
Gelombang 28
Rabu, 18 Januari 2023

Blog diperkenalkan pertama kali oleh Jhon Barger pada tahun 1998. Awalnya berasal dari kata weblog, dan sampai sekarang lebih dikenal dengan sebutan blog. Blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya pada komunitas global. Dan pengguna blog ini biasa disebut sebagai blogger. Blog sama dengan media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, Email, Tiktok, dan You Tube. Blog dapat digunakan untuk hal positif dan bermanfaat, diantaranya bagi guru, bisa dijadikan media pembelajaran yang efektif.

Ada beberapa jenis blog sebagai media sosial yaitu:
1. Blog pendidikan, berisi tentang seluk beluk pendidikan, biasanya ditulis oleh guru atau pelajar.
2. Blog sastra, berisi topik yang berkaitan dengan dunia sastra, lebih dikenal dengan istilah litblog (literasi blog).
3. Blog pribadi, berisi tentang pengalaman dan kegiatan keseharian pemilik blog. Dan lebih dikenal dengan istilah buku harian online.
4. Blog bertopik, blog yang isinya berfokus pada topik atau permasalahan tertentu.
5. Blog kesehatan, blog ini membahas tentang masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Blog ini biasanya dibuat oleh para ahli medis.
6. Blog politik, berisi tentang masalah yang berhubungan dengan politik dan segala kegiatannya.
7. Blog perjalanan, berisi tentang kisah-kisah perjalanan, blog ini memberikan informasi tentang perjalanan, refreshing dan tempat-tempat healing beserta saran dan kritiknya.
8. Blog riset, membahas tentang riset-riset terbaru dan informasi akademis. Biasanya dimiliki oleh kampus atau lebaga penelitian lainnya.
9. Blog hukum, lebih dikenal dengan istilah blawgs (Blog Laws). Membahas tentang hukum dan permasalahannya. Blog ini biasanya dibuat para ahli hukum, pengacara, jaksa, hakim atau polisi. Ditujukan untuk sosialisasi aturan hukum atau advokasi.
10. Blog media, adalah blog berita, memberitakan segala hal yang diliput oleh wartawan. berfokus pada pembahasan ketidakkonsistensi media massa, misalnya TV dan koran.
11. Blog agama, membahas tentang sesuatu yang berkaitan dengan agama, membahas solusi dari penulis atau tokoh agama, bisa juga buka rubrik tanya jawab.
12. Blog bisnis, digunakan untuk promosi oleh pengusaha atau pegawai.

Menurut narasumber, blog yang beliau miliki adalah blog gado-gado karena tidak mengkhususkan pada konten tertentu. Blog gado-gado berisi berbagai macam topik, tidak tergantung pada satu topik saja, sehingga isinya lebih beragam. Isi dari blog beliau kebanyakan adalah postingan yang menggambarkan blog pribadi, intinya yang diposting sesuai dengan keinginan beliau.

Banyak sekali orang memanfaatkan blog sesuai dengan jenis blog yang dimiliki, bahkan bisa menghasilkan uang. Manfaat blog sebagai berikut:
1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya. Sebagai rumah belajar bagi guru, media meringankan beban bagi guru, bisa jadi media meningkatkan minat belajar murid, bisa berteman dengan semua manusia dimana saja, dan sebagai media silaturahmi seperti kompasiana, pembacanya ada di semua benua. Salah satu bukti adalah pak Sartono di Magelang yang meneliti di SMAN 2 Magelang antara sebelum dan sesudah menggunakan Blog sebagai Media pembelajaran dan membuktikan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari 55 ke 87. Awalnya di bawah KKM, selanjutnya bisa di atas KKM jika KKMnya 80.

2. Blog dapat meringankan beban tugas guru dalam menyampaikan materi, materi pembelajaran dapat ditulis di blog dan peserta didik dapat membacanya dimanapun dan kapanpun. Guru juga dapat memberikan ulangan ataupun tugas melalui blog, cara ini sangat efektif untuk sekolah daring dan luring. Bahkan guru dapat memberikan informasi tentang nilai peserta didik di blog.

3. Blog dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, dengan membagikan materi pelajaran di blog, memudahkan peserta didik untuk belajar dimanapun tanpa batasan waktu. Sehingga mampu meningkatkan minat belajar.

4. Blog dapat diakses dengan mudah, di belahan bumi manapun bisa diakses. Sehingga memudahkan seseorang untuk mencari informasi tentang apapun yang diminati.

5. Sebagai salah satu sarana silaturrahim yang paling murah dan mudah. Memberikan kesempatan orang diseluruh dunia untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran, meskipun hanya melalui dunia maya.

Blog sangat bermanfaat ketika covid melanda seluruh dunia. Peserta didik diharuskan belajar dirumah, semua sistem pembelajaran dilaksanakan secara daring. Banyak guru yang kewalahan dengan sistem baru ini, namun bagi guru yang sudah mempunyai blog, hal ini tidak begitu mengagetkan. Karena sudah terbiasa memposting materi pembelajaran di blog. Pada saat proses pembelajaran daring, guru tinggal mengirim link kepada peserta didik untuk dipelajari, dan bisa melakukan interaksi tanya jawab dengan peserta didik.

Demikian resume kelas belajar menulis pertemuan 5, semoga bermanfaat dan selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar