Senin, 09 Januari 2023

Menulis Setiap Hari Yuk....

Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI 

Gelombang 28

9 Januari 2023

Setelah lama tidak menulis, akhirnya malam ini membulatkan tekat untuk belajar kembali, menggerakkan jari jemari yang lama tidak menari di blog. Mengikuti KBMN 28, dan berusaha mengerjakan tugas resume. Berikut ini adalah isi dari materi dari pertemuan pertama, selamat membaca.

Menurut Om Jay, menulis dapat dilakukan kapanpun, pagi, siang sore, malam, tanpa batasan waktu. Kita dapat membaca, maka kita juga dapat menulis. Namun kemampuan menulis harus diasah mulai dari hal-hal yang kecil, menjadi hal-hal yang besar, dari hal-hal yang kurang penting menjadi hal-hal yang penting, dari hal-hal yang tidak bermakna menjadi hal-hal yang mempunyai makna. Dengan demikian dapat melatih kemampuan kita dalam menulis, dengan menulis kita dapat menuangkan ide dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Rahasia dapat menulis setiap hari adalah mampu membaca tulisan orang lain, sebagian besar orang tidak dapat menulis karena malas membaca. Setelah mampu menulis, kita harus tetap rendah hati dan mau belajar hal-hal baru.

Perbanyaklah membaca dan mulailah menulis setiap hari. Ide menulis dapat diperoleh dari banyak membaca tulisan orang lain. Kita dapat mulai menulis dari sesuatu yang kita sukai dan sesuatu yang sudah kita kuasai. Sehingga menulis tidak menjadi beban dan dapat dilakukan dengan mudah.

Mengawali belajar menulis di blog setiap hari dapat memotivasi untuk menulis sebuah buku. Dan dapat menjadi penambah penghasilan. Menulis setiap hari akan berbuah prestasi ketika kita menulis dengan hati. Menulislah dengan hatimu maka engkau akan bertemu dengan pembaca setiamu. Menulis itu akan mudah kalau langsung dilihat dan dialami serta didengarkan secara langsung. Oleh karena itu, kisah nyata lebih disukai banyak orang daripada kisah fantasi. Menulis dapat menjadi sebuah hobi yang yang dibayar dan dapat meningkatkan taraf hidup.

Kita dapat menulis diberbagai media, di berbagai blog baik yang berbayar ataupun blog yang gratis. Di jaman modern ini, menulis dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan menggunakan gawai bisa menghasilkan sebuah tulisan. Awali sebuah tulisan dengan menyapa pembaca. Sehingga pembaca merasa diperhatikan dan akan semangat untuk membaca tulisan kita. Tidak ada batasan jumlah kata dalam sebuah tulisan, namun lebih baik di atas 500 kata supaya menjadi sebuah artikel yang nyaman untuk dibaca. Dan belajarlah menjadi editor pertama untuk tulisan kita. Hal ini agar kita dapat mengetahui dimana kelemahan kita.

Supaya tulisan kita banyak dibaca oleh orang lain, maka salah satu cara adalah kita harus banyak berkunjung ke blog orang lain, selanjutnya kita bisa memberi komentar di blog yang kita kunjungi. Saling support sesama penulis, dapat memperkenalkan blog kita, sehingga tulisan kita banyak dibaca. Membuat tulisan tentang hal-hal yang sedang hangat diperbincangkan atau sedang viral juga salah satu cara agar tulisan kita banyak dibaca. Dan menulis setiap hari juga salah satu cara agar tulisan kita mudah dicari dan banyak dibaca orang lain.

Intinya, semakin banyak membaca akan menghasilkan banyak tulisan. Semakin banyak menulis akan mengasah kemampuan kita dalam membuat sebuah tulisan. Semakin meningkat kemampuan menulis, dapat memperoleh penghasilan. Semakin banyak kita menuangkan ide dalam bentuk tulisan, semakin banyak ilmu yang kita bagikan.

Semoga resume ini bermanfaat untuk saya dan pembaca. Mari kita bersama-sama belajar menulis.

2 komentar: