Minggu, 05 Februari 2023

PEKAN LITERASI PERPUSTAKAAN SMPN 2 MHS

Pada 25 Februari 2020, perpustakaan SMPN 2 Matan Hilir Selatan menerima SK berdirinya dari bapak Parmansyah, S. Pd selaku Kepala Sekolah.
Sebenarnya perpustakaan ini sudah ada sejak sekolah ini berdiri, namun belum ada SK secara resmi. Mungkin kebanyakan perpustakaan sekolah mengalami hal yang sama.

Setelah mengikuti beberapa pelatihan tentang perpustakaan, saya selaku kepala perpustakaan beserta rekan-rekan pengurus perpustakaan mencoba menertibkan administrasi perpustakaan, biar lambat asal tertata.

Dan pada 2023 ini adalah ulang tahun perpustakaan yang kedua tahun. Sama halnya dengan tahun lalu, kami mengadakan kegiatan "Pekan Literasi Memperingati Hari Ulang Tahun Kedua Perpustakaan SMPN 2 Matan Hilir Selatan". 

Kegiatan kecil-kecilan dengan harapan memotivasi siswa untuk berliterasi dalam berbagai bentuk. Tahun 2022 ada beberapa lomba yang diadakan yaitu:
1. Lomba membaca nyaring, yaitu membaca teks pembukaan UUD 1945 bagi siswa yang masih kesulitan membaca, atau membacanya belum lancar.
2. Lomba membuat puisi dengan tema "Perpustakaan".
3. Lomba membuat resensi/ sinopsis sebuah buku, tema bukunya bebas, buku dapat dipinjam di perpustakaan. Ini merupakan salah satu sarana promosi perpustakaan pada siswa. Karena minat siswa ke perpustakaan sangat minim.

Pada tahun 2023 ini tidak jauh beda dengan tahun lalu, hanya lomba membuat puisi ditiadakan, diganti dengan lomba berpidato dengan tema bebas.

Kegiatan ini diharapkan dapat menarik siswa untuk sering belajar di perpustakaan sekolah, meskipun diawali dengan adanya pekan literasi ini. Semoga menjadi kebiasaan yang baik untuk seterusnya.

Dukungan dari Kepala sekolah dan seluruh guru di sekolah sangat luar biasa dalam kegiatan ini, ada motivasi tersendiri bagi wali kelas agar siswanya dapat memenangkan lomba-lomba dalam pekan literasi ini.

Selamat menyambut pekan literasi. Semangat belajar dan salam literasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar